Hubungi Kami disini
Call 082333333959 (Marketing)
Kawasan Wisata The Pikas Artventure Resort. Desa Kutayasa, Kecamatan Madukara (53482), Banjarnegara, Jawa-Tengah – Indonesia. | Contact: 082324674544 (Haryanto) | E-mail: marketing@thepikas.com (Office)

13 Januari 2020

Ingin Rafting? Baca 5 Tips Sebelum Mulai Rafting

Ingin Rafting? Baca 5 Tips Sebelum Mulai Rafting
Ingin Rafting? Baca 5 Tips Sebelum Mulai Rafting
Tips Sebelum Mulai Raftingrafting menjadi salah satu wisata olahraga yang cukup diminati. Biasanya mereka tertarik untuk mencobanya, karena merasa tertantang untuk menaklukkan adrenalin.
 
Tetapi ada pula sebagian kalangan yang enggan rafting, dengan alasan takut boat terbalik, dan tidak bisa berenang.

Padahal, tidak bisa berenang pun tak masalah, lantaran pihak pengelola telah menyediakan beberapa alat keselamatan seperti jaket pelampung dan tim penyelamat yang ada di sepanjang lintasan arung jeram.

5 tips yang perlu diperhatikan jika Sobat ingin melakukan kegiatan ini.

1. Memperhatikan seluruh instruksi dari pemandu

Sebelum melakukan kegiatan rafting, para peserta harus mendengarkan beberapa arahan keselamatan dari pemandu. Apa yang harus dilakukan oleh peserta selama kegiatan berlangsung.

Ikut hadir dalam safety briefing minimal terinformasi terkait prosedur tata tertib pengarungan.

Tidak hanya itu saja, Sobat harus memperhatikan aba-aba dari pemandu yang membawa Sobat selama kegiatan rafting.

Ketika di jeram pemandu akan berteriak boom depan kita harus membawa badan kita ke arah depan, ketika dia teriak boom belakang bawa badan ke arah belakang, ketika dia teriak boom lantai kita harus turun duduk di lantai perahu.

2. Menggunakan alat dengan benar

Selama kegiatan rafting, peserta harus menggunakan helm dan jaket pelampung dengan benar. Pilih helm yang pas dengan kepala dan kaitkan tali helm dengan batas dua jari dari dagu, hal ini dimaksudkan agar tidak mencekik saat terjadi insiden selama kegiatan.

Peserta wajib menggunakan sepatu atau minimal alas kaki. Ini dimaksudkan agar terhindar terkena benda tajam ketika harus berjalan dari lokasi jeram terakhir menuju lokasi awal.

3. Jika perahu terbalik

Jika perahu terbalik, sebaiknya terus mengapung dengan gaya punggung yang mengarah ke hilir (mengikuti arus sungai), gunanya untuk mengantisipasi adanya batu.

Bagi teman yang akan menolong, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Caranya, jika teman yang akan ditolong terjangkau oleh tangan, beri pertolongan dengan menarik bagian pundak life jacket.

Jika tidak terjangkau tangan, bisa gunakan gagang dayung diselipkan ke celah life jacket teman yang akan ditolong.

Kalau tidak terjangkau nanti ada tali lempar nanti tangkap, kemudian berenang, namun membelakangi boat dengan alasan agar enggak banyak material yang mengenai muka. Life jacket didesain memiliki daya apung besar di bagian belakang.

4. Melakukan pemanasan

Pemanasan penting untuk menghindari kram yang mungkin terjadi saat mendayung.

5. Batas usia minimal

Kegiatan rafting ini bisa dilakukan oleh anak mulai usia sepuluh tahun. Sedangkan orang dengan penyakit jantung, epilepsi, tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan ini.





 

OUR PRODUCT

Outbound

Paket Outbond

Team Building dan Extreem games Permainan yang dirancang untuk meningkatkan kerjasama team yang solid dengan memadukan kreatifitas dan tantangan dalam suatu bentuk permainan yang..

Paintball

Paket Paintball

Paintball disajikan dengan konsep perang yang tidak akan pernah bisa dilupakan, adrenalin dan keberanian akan teruji di game yang satu ini, perlatan terbaik dan terbaru kami pilih agar game ini menjadi seru..

Rafting Serayu

Paket Rafting Sungai Serayu

Rafting dengan sungai terbaik di Jawa Tengah selain itu serayu menyandang sungai bertaraf international untuk olahraga Arung jeram. kami menyajikan 5 pilihan terbaik paket arung jeram rafting..

River Camping

Paket River Camping

Kegiatan Gathering, Rafting & Camping di tepian sungai Serayu. Agenda kegiatan Hari ke 1 : Makan Malam, Gathering malam termasuk tersedia tradisional snack, Api unggun, Orgen Tunggal..

Jeep Tour

Paket Offroad

Menikmati kopi di kafe sudah menjadi hal yang biasa, bagaimana kalau menikmati kopi di atas mobil off-road? Di Banjarnegara, Jawa Tengah, kita bisa menikmati kopi sambil melihat pemandangan..

Penginapan

Paket Penginapan The Pikas Banjarnegara

Bermalam di Traditional Cottage yang berada di Pinggir Sungai Serayu dengan suasana yang asri dan masih alami. Anda akan dihibur dengan suara alam khas pedesaan, suara jangkrik dan kodok, kicau burung..

Dieng Trip

Paket Wisata Dieng

Paket jelajah dieng dan Rafting sungai serayu merupakan Paket Wisata yang memadukan antara penjelajahan wisata alam pegunungan Dieng dan arung jeram (Rafting) di Sungai Serayu Banjarnegara..

Restaurant

Rsdtaurant Pikas Banjarnegara

Resto yang berada di Pinggir Kali Serayu dengan suasana yang nyaman, alami dan asri. Menyediakan aneka ragam hidangan baik tradisional maupun modern dengan cita rasa yang khas..

PORTFOLIO GALLERY

Galeri The Pikas Resort
Galeri The Pikas Resort
Galeri The Pikas Resort
Galeri The Pikas Resort
×